Selamat Datang di Website Resmi SMP Negeri 5 Amuntai Welcome to Our Lovely School [SMP Negeri 5 Amuntai]...... ^_^

Sabtu, 03 Desember 2016

FROFIL SEKOLAH



DENAH SMPN 5 AMUNTAI










NAMA SEKOLAH                               :   SMP NEGERI 5 AMUNTAI
NSS / NIS / NPSN                              :   20 1 15 07 01 029  /  200090  / 30302565 
BERDIRI                                            :   SK Mendikbud. No. 0363/0/1991
TANGGAL                                          :   20 Juni  1991                             
NAMA KEPALA SEKOLAH                  :   H. Mansyah Erpain, S.Pd
Email                                                 :   smpnegeri5@yahoo.co.id.
ALAMAT                                            :   Jl. Jermani Husin  RT  I  No. 22
 Desa Banjang  Km 7  Kec. Banjang
 Kabupaten  Hulu Sungai Utara - 71416
 Susunan Kepela Sekolah

      No                   Nama                                   Periode
1.                  Suhaimi                                1992  -  1995
2.                  H. Akhmad Zaini                 1995  -  1998
3.                  H. Abdusani                         1998  -  2002
4.                  Antung Rusman, S.Pd          2002  -  2003
5.                  Mashudulhak                        2003  -  2005
6.                  Drs. M. Arifin                      2005  -  2006
7.                  Toniadi, S.Pd                       2006  -  2007
8.                  M. Hamsan, S.Pd.I               2007  -  2009
9.                  H. Mansyah Erpain, S.Pd     2009  -  Sekarang

  
Latar Belakang

Sekolah merupakan tempat kegiatan belajar, ini tentu memerlukan fasilitas, dana,  maupun lainnya. juga sumber daya manusia. Ingin mencerdaskan kehidupan bangsa salah satu intinya menginginkan manusia Indonesia yang seutuhnya, beriman, bertaqwa,  bermartabat, menghargai bersikap dan berbuat, punya keterampilan, serta berwawasan yang luas sehingga dapat bermanfaat pada dirinya sendiri, lebih-lebih untuk orang lain.

Pemerintah sudah berupaya memotivasi dan membantu masyarakat melalui dana BOS ( sekolah gratis ) agar orang tua menyekolahkan anaknya ( wajib belajar 9 tahun ), tujuannya supaya benar-benar tuntas,  nyatanya masih ada orang tua yang tidak mau mengerti dengan alasan yang bermacam-macam.

Wajib belajar 9 tahun harus mendapat  dukungan dari semua pihak baik keluarga, masyarakat, maupun pemerintah, agar apa yang dicanangkan oleh pemerintah di atas dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bahkan sekarang (tuntas wajib belajar 12 tahun) apabila tidak, kita akan tergilas oleh waktu serta tertinggal dengan pesatnya kemajuan pendidikan, teknologi dan informatika.

Tantangan  Sekolah

Mengingat latar belakang di atas, maka sekolah harus :
        
a.       Meningkatkan mutu sekolah klasifikasi pendidikan  S1 ke S2, penyetaraan,
      pelatihan, bimtik, MGMP, dll.

b.      tinggi, bertanggung jawab, dan ikhlas dalam  bekerja atau melaksanakan tugas   Disiplin, dedekasi yang

c.       Sekolah harus dapat mewujudkan dalam proses pembelajaran yang  bermutu  dan menghasilkan lulusan yang berkualitas, beriman, bertaqwa,  bermartabat, menghargai bersikap dan berbuat, punya keterampilan, serta berwawasan yang luas sehingga dapat bermanfaat pada dirinya sendiri, atau berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

d.      Latar belakang di atas diharapkan sesuai dengan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah.


Kondisi Sekarang

Kondisi sekolah sekarang pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 yaitu 11 Juli 2016 awal ajaran sekolah jumlah siswa 178 orang  yang terdiri dari  :








Keadaan Siswa Sekarang
                
NO
KELAS
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
JUMLAH
1
VII
38
27
65
2
VIII
26
30
56
3
IX
20
37
57

JUMLAH
             84
           94
         178



                                                                                                                                                                                
       Kohor Siswa




 NO

TAHUN
PELAJARAN

JUMLAH



SISWA
KOHOR SISWA


MASUK

D. UOT

MENGULANG

    LULUS

MELANJUTKAN
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
L
P
1
2011/2012
171
82
89
-
-
1
1
-
-
29
22
28
21
2
2012/2013
154
60
93
-
-
1
1


18
37
17
36
3
2013/2014
147
63
84
-
-
1
1
1
-
22
24
21
24
4
2014/2015
142
56
86
-
-
1
1
1
1
22
19
21
18
5
2015/2016
164
65
99
1
1
1
1
1
1
14
32
13
31



        
      Data Kelulusan


No

TAHUN
PESERTA
LULUS
T. LULUS

%  LULUS
L
P
JLH
L
P
JLH
L
P
JLH
1
2012
29
22
51
29
22
51
-
-
-
100
2
2013
19
38
57
18
37
55
1
1
2
       96,49
3
2014
22
24
46
22
24
46
-
-
-
100
4
2015
22
19
41
22
19
41
-
-
-
100
5
2016
14
32
46
14
32
46
-
-
-
100


     
      Data  NEM

IN  PUT

TAHUN
PELAJARAN
OUT  PUT

No
MATA PELAJARAN
RATA
RATA
MATA PELAJARAN
RATA
RATA
BIN
MAT
IPA
BIN
MAT
IPA
BING
1
6,05
5,41
6,24
5,90
2011/2012
7,23
7,78
7,51
7,30
7,46
2
9,06
8,40
8,55
8,67
2012/2013
7,05
5,27
5,61
5,45
5,84
3
7,23
5,94
6,55
6,57
2013/2014
7,09
5,34
6,47
6,13
6,23
4
7,52
6.77
7,03
7,11
2014/2015
6,73
4,35
5,70
4,70
5,37
5




2015/2016
61,96
29,57
43,83
39,24
43,65



      





Dari jumlah siswa 178 orang  yang terdiri dari  7 rombongan belajar dan 16 orang guru PNS dengan pendidikan S1, 2 orang S2 sedangkan non PNS 2 orang jumlah yang sudah memadai  tapi jurusannya masih kurang atau belum ada yaitu PKN, TIK, Kesenian, dan Muatan Lokal.

Fasilitas sarana prasarana 7 kelas cukup  dari jumlah siswa 178 orang dengan kondisi kelas, perpustakaan, laboratorium bahasa, wc guru, mushalla, ruang kantor,  laboratorium IPA, ruang keterampilan, kanten, gudang rusak ringan dengan alat-alatnya masih kurang dan ada  yang rusak.

Ruang BP. OSIS bergabung. Ruang laboratorium komputer,  ruang serba guna,  ruang wakil kepala sekolah, ruang penyimpanan  alat olahraga, rumah dinas kepala sekolah maupun guru belum memiliki. 

Kegiatan keagamaan  setiap pagi Jum’at dan shalat zuhur



Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw

D.   Visi, Misi Dan Tujuan Sekolah
Visi Sekolah
Unggul Dalam Prestasi Berdasarkan Iman Dan Taqwa
Indikator         :
Unggul           :  Mempunyai kelebihan pada umumnya
Prestasi          :  Memperoleh penghargaan berdasarkan penilaian            
                        yang objektif ( Perlombaan dan Pertandingan )
Iman dan taqwa : Mampu menjalankan perintah dan meninggalkan 
           Larangan - Nya.

Misi sekolah
Mengembangkan dan melaksanakan proses pendidkan, pelatihan serta ekstrakurikuler dengan partisipatif   guru dan siswa melalui pembelajaran berkualitas yang dilandasi iman dan taqwa.



Kegiatan Apel Pagi Senin

Tujuan Sekolah                                                                                                                         Target  Kedepan  Diharapkan  :
      1.     Jangka Pendek ( 1 Tahun )

         1.1     Siswa dapat membaca al quran dan megerjakan shalat-shalat sunat
         1.2     Penataan lingkungan sekolah
         1.3     Peningkatan disiplin
         1.4     Pelaksanaan KBM terkendali sesuai jadwal
         1.5     Meningkatan pelayanan
         1.6     Perbaikan penataan administerasi                                                                               
         1.7     Rerata NEM lebih baik dari tahun yang lalu
         1.8     Lebih 95 % siswa yang lulus melanjutkan sekolah
         1.9     Pemanfaatan nilai-nilai agama dan pengamalannya
         1.10   Terjalinnya hubungan antara orang tua, komite sekolah, masyarakat,
                   dan pemerintah yang baik
1.11      Pemberdayaan sarana prasarana
         1.13    Nilai UN peringkat 10 besar se - Kabupaten Hulu Sungai Utara
         1.14    75%  siswa memiliki kecakapan hidup sesuai tuntutan masyarakat     
                    dan  lingkungan
1.15 Pendidikan siswa harus lebih baik dari pendidikan orang tua

2. Jangka  Menengah ( 4 Tahun )

2.1            Meningkatkan sarana dan prasarana
2.2            Meningkatkan jumlah siswa baru
2.3            Penambahan tenaga personalia
2.4            Mengoptimalkan semua kegiatan sekolah
2.5            Rerata NEM meningkat
2.6            Daya serap meningkat
2.7            Prestasi olahraga, kesenian, O2SN, dapat ditonjolkan
2.8            Kepercayaan dari berbagai pihak meningkat
2.9            Siswa yang tidak melanjutkan siap bekerja dan bermasyarakat
2.10        Pengembangan karir guru, TU, dan siswa
2.11        Kesejahteraan guru lebih meningkat
2.12        Memelihara kerja sama dari berbagai pihak
2.13        Menghasilkan tamatan yang berkualitas, kreatif dan berakhlak mulia.
2.14        Jumlah guru profesionalisme dan bersetifikasi semakin bertambah

3.      Jangka  Panjang ( 8 Tahun )
       
3.1           Kondisi sekolah semakin kondusif
3.2           Mutu siswa terhadap iptek, imtaq, dan akhlaku karimah semakin  
 mantap
3.3           Semua komponen sekolah dapat dioptimalkan fungsi, tugas, dan  
 tanggung jawab
3.4           Standar NEM lebih meningkat
3.5           Lulusan sekolah semakin meningkat
3.6           Guru profesionalisme dan bersetifikasi dapat berkompitensi
3.7           Partisifasi dari berbagai pihak meningkat
3.8           Jadi sekolah dambaan
3.9           Sarana dan prasarana semakin baik dan komplet
3.10       Administerasi, supervisi, dan monitoring lebih mantap
3.11       Semua pihak dapat mengharumkan nama sekolah
3.12       Semua pihak dapat mempertahankan prestise
3.13       Siswa yang tamat sekolah banyak  mendapatkan pekerjaan yang layak
                                                                                                                                                     

    Data Kelulusan


No

TAHUN
PESERTA
LULUS
T. LULUS

%  LULUS
L
P
JLH
L
P
JLH
L
P
JLH
1
2012
29
22
51
29
22
51
-
-
-
100
2
2013
19
38
57
18
37
55
1
1
2
       96,49
3
2014
22
24
46
22
24
46
-
-
-
100
4
2015
22
19
41
22
19
41
-
-
-
100
5
2016
14
32
46
14
32
46
-
-
-
100


     
      Data  NEM

IN  PUT

TAHUN
PELAJARAN
OUT  PUT

No
MATA PELAJARAN
RATA
RATA
MATA PELAJARAN
RATA
RATA
BIN
MAT
IPA
BIN
MAT
IPA
BING
1
6,05
5,41
6,24
5,90
2011/2012
7,23
7,78
7,51
7,30
7,46
2
9,06
8,40
8,55
8,67
2012/2013
7,05
5,27
5,61
5,45
5,84
3
7,23
5,94
6,55
6,57
2013/2014
7,09
5,34
6,47
6,13
6,23
4
7,52
6.77
7,03
7,11
2014/2015
6,73
4,35
5,70
4,70
5,37
5




2015/2016
61,96
29,57
43,83
39,24
43,65



      





Dari jumlah siswa 178 orang  yang terdiri dari  7 rombongan belajar dan 16 orang guru PNS dengan pendidikan S1, 2 orang S2 sedangkan non PNS 2 orang jumlah yang sudah memadai  tapi jurusannya masih kurang atau belum ada yaitu PKN, TIK, Kesenian, dan Muatan Lokal.

Fasilitas sarana prasarana 7 kelas cukup  dari jumlah siswa 178 orang dengan kondisi kelas, perpustakaan, laboratorium bahasa, wc guru, mushalla, ruang kantor,  laboratorium IPA, ruang keterampilan, kanten, gudang rusak ringan dengan alat-alatnya masih kurang dan ada  yang rusak.

Ruang BP. OSIS bergabung. Ruang laboratorium komputer,  ruang serba guna,  ruang wakil kepala sekolah, ruang penyimpanan  alat olahraga, rumah dinas kepala sekolah maupun guru belum memiliki. 

Kegiatan keagamaan  setiap pagi Jum’at dan shalat zuhur



Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw

D.   Visi, Misi Dan Tujuan Sekolah
Visi Sekolah
Unggul Dalam Prestasi Berdasarkan Iman Dan Taqwa
Indikator         :
Unggul           :  Mempunyai kelebihan pada umumnya
Prestasi          :  Memperoleh penghargaan berdasarkan penilaian            
                        yang objektif ( Perlombaan dan Pertandingan )
Iman dan taqwa : Mampu menjalankan perintah dan meninggalkan 
           Larangan - Nya.

Misi sekolah
Mengembangkan dan melaksanakan proses pendidkan, pelatihan serta ekstrakurikuler dengan partisipatif   guru dan siswa melalui pembelajaran berkualitas yang dilandasi iman dan taqwa.



Kegiatan Apel Pagi Senin

Tujuan Sekolah                                                                                                                         Target  Kedepan  Diharapkan  :
      1.     Jangka Pendek ( 1 Tahun )

         1.1     Siswa dapat membaca al quran dan megerjakan shalat-shalat sunat
         1.2     Penataan lingkungan sekolah
         1.3     Peningkatan disiplin
         1.4     Pelaksanaan KBM terkendali sesuai jadwal
         1.5     Meningkatan pelayanan
         1.6     Perbaikan penataan administerasi                                                                               
         1.7     Rerata NEM lebih baik dari tahun yang lalu
         1.8     Lebih 95 % siswa yang lulus melanjutkan sekolah
         1.9     Pemanfaatan nilai-nilai agama dan pengamalannya
         1.10   Terjalinnya hubungan antara orang tua, komite sekolah, masyarakat,
                   dan pemerintah yang baik
1.11      Pemberdayaan sarana prasarana
         1.13    Nilai UN peringkat 10 besar se - Kabupaten Hulu Sungai Utara
         1.14    75%  siswa memiliki kecakapan hidup sesuai tuntutan masyarakat     
                    dan  lingkungan
1.15 Pendidikan siswa harus lebih baik dari pendidikan orang tua

2. Jangka  Menengah ( 4 Tahun )

2.1            Meningkatkan sarana dan prasarana
2.2            Meningkatkan jumlah siswa baru
2.3            Penambahan tenaga personalia
2.4            Mengoptimalkan semua kegiatan sekolah
2.5            Rerata NEM meningkat
2.6            Daya serap meningkat
2.7            Prestasi olahraga, kesenian, O2SN, dapat ditonjolkan
2.8            Kepercayaan dari berbagai pihak meningkat
2.9            Siswa yang tidak melanjutkan siap bekerja dan bermasyarakat
2.10        Pengembangan karir guru, TU, dan siswa
2.11        Kesejahteraan guru lebih meningkat
2.12        Memelihara kerja sama dari berbagai pihak
2.13        Menghasilkan tamatan yang berkualitas, kreatif dan berakhlak mulia.
2.14        Jumlah guru profesionalisme dan bersetifikasi semakin bertambah

3.      Jangka  Panjang ( 8 Tahun )
       
3.1           Kondisi sekolah semakin kondusif
3.2           Mutu siswa terhadap iptek, imtaq, dan akhlaku karimah semakin  
 mantap
3.3           Semua komponen sekolah dapat dioptimalkan fungsi, tugas, dan  
 tanggung jawab
3.4           Standar NEM lebih meningkat
3.5           Lulusan sekolah semakin meningkat
3.6           Guru profesionalisme dan bersetifikasi dapat berkompitensi
3.7           Partisifasi dari berbagai pihak meningkat
3.8           Jadi sekolah dambaan
3.9           Sarana dan prasarana semakin baik dan komplet
3.10       Administerasi, supervisi, dan monitoring lebih mantap
3.11       Semua pihak dapat mengharumkan nama sekolah
3.12       Semua pihak dapat mempertahankan prestise
3.13       Siswa yang tamat sekolah banyak  mendapatkan pekerjaan yang layak


                                                                                                                                                                                       
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar