DENAH SMPN 5 AMUNTAI
NAMA SEKOLAH :
SMP NEGERI 5 AMUNTAI
NSS / NIS / NPSN :
20
1 15 07 01 029 / 200090 / 30302565
BERDIRI :
SK Mendikbud. No. 0363/0/1991
TANGGAL : 20
Juni 1991
NAMA KEPALA SEKOLAH :
H. Mansyah Erpain, S.Pd
Email : smpnegeri5@yahoo.co.id.
ALAMAT :
Jl. Jermani Husin RT
I No. 22
Desa Banjang Km 7
Kec. Banjang
Kabupaten Hulu Sungai Utara - 71416
Susunan
Kepela Sekolah
No Nama
Periode
1.
Suhaimi 1992 - 1995
2.
H.
Akhmad Zaini 1995 - 1998
3.
H.
Abdusani
1998 - 2002
4.
Antung Rusman, S.Pd 2002
- 2003
5.
Mashudulhak 2003 - 2005
6.
Drs.
M. Arifin 2005 - 2006
7.
Toniadi,
S.Pd 2006 - 2007
8.
M.
Hamsan, S.Pd.I 2007 - 2009
9.
H.
Mansyah Erpain, S.Pd 2009 -
Sekarang
Latar Belakang
Sekolah merupakan tempat kegiatan belajar, ini tentu memerlukan fasilitas, dana, maupun lainnya. juga sumber
daya manusia. Ingin
mencerdaskan kehidupan bangsa salah satu intinya menginginkan manusia Indonesia
yang seutuhnya, beriman, bertaqwa,
bermartabat, menghargai bersikap dan berbuat, punya keterampilan, serta
berwawasan yang luas sehingga dapat bermanfaat pada dirinya sendiri,
lebih-lebih untuk orang lain.
Pemerintah sudah
berupaya memotivasi dan membantu masyarakat melalui dana BOS ( sekolah gratis )
agar orang tua menyekolahkan anaknya ( wajib belajar 9 tahun ), tujuannya
supaya benar-benar tuntas, nyatanya
masih ada orang tua yang tidak mau mengerti dengan alasan yang bermacam-macam.
Wajib belajar 9 tahun harus mendapat dukungan dari semua pihak baik keluarga,
masyarakat, maupun pemerintah, agar apa yang dicanangkan oleh pemerintah di
atas dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bahkan sekarang (tuntas
wajib belajar 12 tahun) apabila tidak, kita akan tergilas oleh waktu serta
tertinggal dengan pesatnya kemajuan pendidikan, teknologi dan informatika.
Tantangan Sekolah
Mengingat latar belakang di atas,
maka sekolah harus :
a.
Meningkatkan mutu sekolah klasifikasi pendidikan S1 ke S2, penyetaraan,
pelatihan, bimtik, MGMP, dll.
b.
tinggi, bertanggung jawab, dan ikhlas dalam bekerja atau melaksanakan tugas Disiplin, dedekasi yang
c.
Sekolah harus dapat mewujudkan dalam proses
pembelajaran yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang berkualitas,
beriman, bertaqwa, bermartabat,
menghargai bersikap dan berbuat, punya keterampilan, serta berwawasan yang luas
sehingga dapat bermanfaat pada dirinya sendiri, atau berguna bagi agama,
bangsa, dan negara.
d.
Latar belakang di atas diharapkan sesuai dengan Visi,
Misi, dan Tujuan Sekolah.
Kondisi Sekarang
Kondisi sekolah
sekarang pada semester I tahun pelajaran 2016/2017 yaitu 11 Juli 2016 awal ajaran sekolah jumlah siswa 178 orang yang terdiri
dari :
Keadaan Siswa
Sekarang
NO
|
KELAS
|
LAKI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
JUMLAH
|
1
|
VII
|
38
|
27
|
65
|
2
|
VIII
|
26
|
30
|
56
|
3
|
IX
|
20
|
37
|
57
|
JUMLAH
|
84
|
94
|
178
|
Kohor Siswa
NO
|
TAHUN
PELAJARAN
|
JUMLAH
|
SISWA
|
KOHOR SISWA
|
|||||||||||
MASUK
|
D. UOT
|
MENGULANG
|
LULUS
|
MELANJUTKAN
|
|||||||||||
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
L
|
P
|
||||
1
|
2011/2012
|
171
|
82
|
89
|
-
|
-
|
1
|
1
|
-
|
-
|
29
|
22
|
28
|
21
|
|
2
|
2012/2013
|
154
|
60
|
93
|
-
|
-
|
1
|
1
|
18
|
37
|
17
|
36
|
|||
3
|
2013/2014
|
147
|
63
|
84
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
-
|
22
|
24
|
21
|
24
|
|
4
|
2014/2015
|
142
|
56
|
86
|
-
|
-
|
1
|
1
|
1
|
1
|
22
|
19
|
21
|
18
|
|
5
|
2015/2016
|
164
|
65
|
99
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
14
|
32
|
13
|
31
|
Data Kelulusan
No
|
TAHUN
|
PESERTA
|
LULUS
|
T. LULUS
|
% LULUS
|
||||||
L
|
P
|
JLH
|
L
|
P
|
JLH
|
L
|
P
|
JLH
|
|||
1
|
2012
|
29
|
22
|
51
|
29
|
22
|
51
|
-
|
-
|
-
|
100
|
2
|
2013
|
19
|
38
|
57
|
18
|
37
|
55
|
1
|
1
|
2
|
96,49
|
3
|
2014
|
22
|
24
|
46
|
22
|
24
|
46
|
-
|
-
|
-
|
100
|
4
|
2015
|
22
|
19
|
41
|
22
|
19
|
41
|
-
|
-
|
-
|
100
|
5
|
2016
|
14
|
32
|
46
|
14
|
32
|
46
|
-
|
-
|
-
|
100
|
Data NEM
IN PUT
|
TAHUN
PELAJARAN
|
OUT PUT
|
||||||||
No
|
MATA
PELAJARAN
|
RATA
RATA
|
MATA PELAJARAN
|
RATA
RATA
|
||||||
BIN
|
MAT
|
IPA
|
BIN
|
MAT
|
IPA
|
BING
|
||||
1
|
6,05
|
5,41
|
6,24
|
5,90
|
2011/2012
|
7,23
|
7,78
|
7,51
|
7,30
|
7,46
|
2
|
9,06
|
8,40
|
8,55
|
8,67
|
2012/2013
|
7,05
|
5,27
|
5,61
|
5,45
|
5,84
|
3
|
7,23
|
5,94
|
6,55
|
6,57
|
2013/2014
|
7,09
|
5,34
|
6,47
|
6,13
|
6,23
|
4
|
7,52
|
6.77
|
7,03
|
7,11
|
2014/2015
|
6,73
|
4,35
|
5,70
|
4,70
|
5,37
|
5
|
2015/2016
|
61,96
|
29,57
|
43,83
|
39,24
|
43,65
|
Dari jumlah
siswa 178 orang yang terdiri dari 7
rombongan belajar dan 16
orang guru PNS dengan pendidikan S1, 2 orang S2 sedangkan non PNS 2 orang jumlah yang sudah
memadai tapi jurusannya masih kurang
atau belum ada yaitu PKN, TIK, Kesenian, dan Muatan Lokal.
Fasilitas sarana
prasarana 7 kelas cukup dari jumlah siswa 178 orang dengan kondisi kelas,
perpustakaan, laboratorium bahasa, wc guru, mushalla, ruang kantor,
laboratorium IPA,
ruang keterampilan, kanten, gudang rusak ringan dengan alat-alatnya masih
kurang dan ada yang rusak.
Ruang BP. OSIS bergabung. Ruang laboratorium komputer, ruang serba guna, ruang wakil kepala sekolah, ruang penyimpanan alat olahraga, rumah dinas kepala sekolah
maupun guru belum memiliki.
Kegiatan
keagamaan setiap pagi Jum’at dan shalat
zuhur
Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw
D.
Visi,
Misi Dan Tujuan Sekolah
Visi Sekolah
Unggul Dalam Prestasi Berdasarkan
Iman Dan Taqwa
Indikator :
Unggul :
Mempunyai kelebihan pada umumnya
Prestasi :
Memperoleh penghargaan berdasarkan penilaian
yang objektif (
Perlombaan dan Pertandingan )
Iman dan taqwa : Mampu
menjalankan perintah dan meninggalkan
Larangan - Nya.
Misi sekolah
Mengembangkan dan
melaksanakan proses pendidkan, pelatihan serta ekstrakurikuler dengan
partisipatif guru dan siswa melalui
pembelajaran berkualitas yang dilandasi iman dan taqwa.
Kegiatan Apel Pagi Senin
Tujuan Sekolah
Target
Kedepan Diharapkan :
1. Jangka Pendek ( 1 Tahun )
1.1
Siswa dapat membaca al quran dan megerjakan shalat-shalat sunat
1.2
Penataan lingkungan sekolah
1.3
Peningkatan disiplin
1.4
Pelaksanaan KBM terkendali sesuai jadwal
1.5
Meningkatan pelayanan
1.6
Perbaikan penataan administerasi
1.7
Rerata NEM lebih baik dari tahun yang lalu
1.8
Lebih 95 % siswa yang lulus melanjutkan sekolah
1.9
Pemanfaatan nilai-nilai agama dan pengamalannya
1.10
Terjalinnya hubungan antara orang tua, komite sekolah, masyarakat,
dan pemerintah yang baik
1.11
Pemberdayaan sarana prasarana
1.13
Nilai UN peringkat 10 besar se -
Kabupaten Hulu Sungai Utara
1.14
75% siswa memiliki kecakapan hidup sesuai
tuntutan masyarakat
dan
lingkungan
1.15 Pendidikan siswa harus
lebih baik dari pendidikan orang tua
2. Jangka Menengah ( 4 Tahun )
2.1
Meningkatkan sarana dan prasarana
2.2
Meningkatkan jumlah siswa baru
2.3
Penambahan tenaga personalia
2.4
Mengoptimalkan semua kegiatan sekolah
2.5
Rerata NEM meningkat
2.6
Daya serap meningkat
2.7
Prestasi olahraga, kesenian, O2SN, dapat ditonjolkan
2.8
Kepercayaan dari berbagai pihak meningkat
2.9
Siswa yang tidak melanjutkan siap bekerja dan
bermasyarakat
2.10
Pengembangan karir guru, TU, dan siswa
2.11
Kesejahteraan guru lebih meningkat
2.12
Memelihara kerja sama dari berbagai pihak
2.13
Menghasilkan tamatan yang berkualitas, kreatif dan berakhlak mulia.
2.14
Jumlah guru profesionalisme dan bersetifikasi semakin
bertambah
3.
Jangka Panjang (
8 Tahun )
3.1
Kondisi sekolah
semakin kondusif
3.2
Mutu siswa
terhadap iptek, imtaq, dan akhlaku karimah semakin
mantap
3.3
Semua komponen
sekolah dapat dioptimalkan fungsi, tugas, dan
tanggung jawab
3.4
Standar NEM
lebih meningkat
3.5
Lulusan sekolah
semakin meningkat
3.6
Guru
profesionalisme dan bersetifikasi dapat berkompitensi
3.7
Partisifasi dari
berbagai pihak meningkat
3.8
Jadi sekolah
dambaan
3.9
Sarana dan
prasarana semakin baik dan komplet
3.10
Administerasi,
supervisi, dan monitoring lebih mantap
3.11
Semua pihak
dapat mengharumkan nama sekolah
3.12
Semua pihak
dapat mempertahankan prestise
3.13
Siswa yang tamat
sekolah banyak mendapatkan pekerjaan
yang layak
Data Kelulusan
No
|
TAHUN
|
PESERTA
|
LULUS
|
T. LULUS
|
% LULUS
|
||||||
L
|
P
|
JLH
|
L
|
P
|
JLH
|
L
|
P
|
JLH
|
|||
1
|
2012
|
29
|
22
|
51
|
29
|
22
|
51
|
-
|
-
|
-
|
100
|
2
|
2013
|
19
|
38
|
57
|
18
|
37
|
55
|
1
|
1
|
2
|
96,49
|
3
|
2014
|
22
|
24
|
46
|
22
|
24
|
46
|
-
|
-
|
-
|
100
|
4
|
2015
|
22
|
19
|
41
|
22
|
19
|
41
|
-
|
-
|
-
|
100
|
5
|
2016
|
14
|
32
|
46
|
14
|
32
|
46
|
-
|
-
|
-
|
100
|
Data NEM
IN PUT
|
TAHUN
PELAJARAN
|
OUT PUT
|
||||||||
No
|
MATA
PELAJARAN
|
RATA
RATA
|
MATA PELAJARAN
|
RATA
RATA
|
||||||
BIN
|
MAT
|
IPA
|
BIN
|
MAT
|
IPA
|
BING
|
||||
1
|
6,05
|
5,41
|
6,24
|
5,90
|
2011/2012
|
7,23
|
7,78
|
7,51
|
7,30
|
7,46
|
2
|
9,06
|
8,40
|
8,55
|
8,67
|
2012/2013
|
7,05
|
5,27
|
5,61
|
5,45
|
5,84
|
3
|
7,23
|
5,94
|
6,55
|
6,57
|
2013/2014
|
7,09
|
5,34
|
6,47
|
6,13
|
6,23
|
4
|
7,52
|
6.77
|
7,03
|
7,11
|
2014/2015
|
6,73
|
4,35
|
5,70
|
4,70
|
5,37
|
5
|
2015/2016
|
61,96
|
29,57
|
43,83
|
39,24
|
43,65
|
Dari jumlah
siswa 178 orang yang terdiri dari 7
rombongan belajar dan 16
orang guru PNS dengan pendidikan S1, 2 orang S2 sedangkan non PNS 2 orang jumlah yang sudah
memadai tapi jurusannya masih kurang
atau belum ada yaitu PKN, TIK, Kesenian, dan Muatan Lokal.
Fasilitas sarana
prasarana 7 kelas cukup dari jumlah siswa 178 orang dengan kondisi kelas,
perpustakaan, laboratorium bahasa, wc guru, mushalla, ruang kantor,
laboratorium IPA,
ruang keterampilan, kanten, gudang rusak ringan dengan alat-alatnya masih
kurang dan ada yang rusak.
Ruang BP. OSIS bergabung. Ruang laboratorium komputer, ruang serba guna, ruang wakil kepala sekolah, ruang penyimpanan alat olahraga, rumah dinas kepala sekolah
maupun guru belum memiliki.
Kegiatan
keagamaan setiap pagi Jum’at dan shalat
zuhur
Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad saw
D.
Visi,
Misi Dan Tujuan Sekolah
Visi Sekolah
Unggul Dalam Prestasi Berdasarkan
Iman Dan Taqwa
Indikator :
Unggul :
Mempunyai kelebihan pada umumnya
Prestasi :
Memperoleh penghargaan berdasarkan penilaian
yang objektif (
Perlombaan dan Pertandingan )
Iman dan taqwa : Mampu
menjalankan perintah dan meninggalkan
Larangan - Nya.
Misi sekolah
Mengembangkan dan
melaksanakan proses pendidkan, pelatihan serta ekstrakurikuler dengan
partisipatif guru dan siswa melalui
pembelajaran berkualitas yang dilandasi iman dan taqwa.
Kegiatan Apel Pagi Senin
Tujuan Sekolah
Target
Kedepan Diharapkan :
1. Jangka Pendek ( 1 Tahun )
1.1
Siswa dapat membaca al quran dan megerjakan shalat-shalat sunat
1.2
Penataan lingkungan sekolah
1.3
Peningkatan disiplin
1.4
Pelaksanaan KBM terkendali sesuai jadwal
1.5
Meningkatan pelayanan
1.6
Perbaikan penataan administerasi
1.7
Rerata NEM lebih baik dari tahun yang lalu
1.8
Lebih 95 % siswa yang lulus melanjutkan sekolah
1.9
Pemanfaatan nilai-nilai agama dan pengamalannya
1.10
Terjalinnya hubungan antara orang tua, komite sekolah, masyarakat,
dan pemerintah yang baik
1.11
Pemberdayaan sarana prasarana
1.13
Nilai UN peringkat 10 besar se -
Kabupaten Hulu Sungai Utara
1.14
75% siswa memiliki kecakapan hidup sesuai
tuntutan masyarakat
dan
lingkungan
1.15 Pendidikan siswa harus
lebih baik dari pendidikan orang tua
2. Jangka Menengah ( 4 Tahun )
2.1
Meningkatkan sarana dan prasarana
2.2
Meningkatkan jumlah siswa baru
2.3
Penambahan tenaga personalia
2.4
Mengoptimalkan semua kegiatan sekolah
2.5
Rerata NEM meningkat
2.6
Daya serap meningkat
2.7
Prestasi olahraga, kesenian, O2SN, dapat ditonjolkan
2.8
Kepercayaan dari berbagai pihak meningkat
2.9
Siswa yang tidak melanjutkan siap bekerja dan
bermasyarakat
2.10
Pengembangan karir guru, TU, dan siswa
2.11
Kesejahteraan guru lebih meningkat
2.12
Memelihara kerja sama dari berbagai pihak
2.13
Menghasilkan tamatan yang berkualitas, kreatif dan berakhlak mulia.
2.14
Jumlah guru profesionalisme dan bersetifikasi semakin
bertambah
3.
Jangka Panjang (
8 Tahun )
3.1
Kondisi sekolah
semakin kondusif
3.2
Mutu siswa
terhadap iptek, imtaq, dan akhlaku karimah semakin
mantap
3.3
Semua komponen
sekolah dapat dioptimalkan fungsi, tugas, dan
tanggung jawab
3.4
Standar NEM
lebih meningkat
3.5
Lulusan sekolah
semakin meningkat
3.6
Guru
profesionalisme dan bersetifikasi dapat berkompitensi
3.7
Partisifasi dari
berbagai pihak meningkat
3.8
Jadi sekolah
dambaan
3.9
Sarana dan
prasarana semakin baik dan komplet
3.10
Administerasi,
supervisi, dan monitoring lebih mantap
3.11
Semua pihak
dapat mengharumkan nama sekolah
3.12
Semua pihak
dapat mempertahankan prestise
3.13
Siswa yang tamat
sekolah banyak mendapatkan pekerjaan
yang layak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar